7 Peluang Usaha di Bandung Untuk Anda yang Baru Mau Merintis

"Apa saja peluang usaha di bandung yang bisa menghasilkan keuntungan maksimal? Bandung adalah kota menawan dengan tempat wisata menarik dan kuliner..."

3 min read

Apa saja peluang usaha di bandung yang bisa menghasilkan keuntungan maksimal?

Bandung adalah kota menawan dengan tempat wisata menarik dan kuliner lezat. Tak heran jika kota ini selalu dipenuhi wisatawan.

Selain itu Bandung merupakan rumah bagi 11 universitas negeri dan beberapa universitas swasta. Tak heran jika kota ini juga dipenuhi mahasiswa dari berbagai bidang. Meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung membuka banyak peluang bisnis baru. 

Khusus bagi para pebisnis telah merangkumkan ide peluang bisnis di Bandung yang patut Anda pertimbangkan sebagai berikut:

Peluang Usaha di Bandung

Peluang Usaha di Bandung

1. Usaha Kerajinan Tangan (Handmade)

Bisnis kerajinan tangan atau craft mempunyai peluang atau prospek bisnis yang bagus dan jika anda tertarik dengan seni dan kreativitas maka sangat mudah untuk memulai bisnis ini. Apalagi bisnis DIY sangat cocok untuk bisnis modal kecil dan bisa mulai memanfaatkan sampah yang tidak terpakai.

Daur ulang sampah ini menjadi produk unik dan berguna seperti tas dompet kalung gelang anting dll. Buatlah kerajinan tangan yang disukai wisatawan bandung dan jika membuat kerajinan tangan itu bisa menjadi oleh-oleh khas kota kembang.

2. Usaha Oleh-Oleh Khas Bandung

Banyaknya masyarakat yang menginap di Bandung berarti terbukanya peluang usaha oleh-oleh khas Bandung. Wisatawan yang menginap di Bandung pulang kampung dengan membawa oleh-oleh atau oleh-oleh untuk dibagikan kepada orang tersayang seperti keluarga dan tetangga.

Oleh karena itu usaha atau usaha umum di Bandung yang menjual telur adalah pilihan yang baik. Selain memproduksi produk sendiri Anda juga bisa menjadi agen atau reseller sehingga modal yang dibutuhkan tidak besar. Hanya Anda yang dapat membuat rencana efektif dan Anda dapat memperoleh keuntungan dengan mudah.

3. Usaha Laundry

Apakah Anda dekat dengan area asrama pelajar atau staf? Salah satu ide bisnis yang patut Anda coba di Kota Bandung khususnya di daerah dekat kos-kosan adalah bisnis laundry. Kesibukan siswa dan staf membuat waktu mereka terbatas terutama untuk mencuci dan menyetrika.

Oleh karena itu Anda bisa membuat laundry untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk menjalankan bisnis laundry yang baik pastikan Anda menggunakan sabun dan pewangi yang aman agar tidak mengiritasi kulit pelanggan Anda.

4. Usaha Kuliner

Sebagai kota dengan beragam kuliner lezat membangun bisnis kuliner di Bandung menjadi peluang bisnis yang patut dipertimbangkan. Ada beberapa masakan khas Bandung seperti seblak, surabi, cilok, batagor bandung, dan masih banyak lagi..

Bisnis ini juga direkomendasikan bagi orang-orang yang tidak memiliki banyak uang atau keterampilan memasak karena Anda tidak hanya dapat menikmati hobi Anda tetapi juga mendapatkan penghasilan. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

5. Fashion

Bandung merupakan kota yang sangat terkenal dalam bidang fashion dan pakaian. Karena banyaknya tempat membeli pakaian murah dan berkualitas Bandung juga terkenal dengan banyaknya toko dan lahirnya tren fesyen dengan inovasi dan kreativitas tanpa batas.

Maka tak heran jika banyak orang berduyun-duyun ke sini. Pergi ke Bandung untuk membeli pakaian bagus untuk dipakai pribadi atau untuk dijual kembali. Pesatnya pertumbuhan bisnis ini membuka berbagai peluang bisnis di industri pakaian jadi. Bisnis fashion merupakan bisnis yang dapat diubah sesuai dengan modal yang dimiliki.

Jika Anda memiliki modal kecil, Anda dapat membuka usaha atau toko pakaian di daerah yang banyak dikunjungi wisatawan, contohnya seperti Ciampelas dan Dago.

6. Les Privat / Bimbingan Belajar

Peluang usaha dengan modal yang kecil lainnya adalah usaha jasa bimbingan studi atau les privat. Bandung merupakan kota yang punyai banyak area pendidikan atau sekolah. Selain itu, pendapatan warga Bandung terhitung memadai besar supaya orang-orang Bandung tidak dapat curiga untuk memberi tambahan pendidikan tambahan atau les spesial untuk anak-anaknya.

Untuk menyebabkan usaha ini, Anda hanya mesti punyai ilmu yang memadai dan jalankan promosi atau pun branding supaya dikenal banyak orang. Di awal-awal Anda tidak mesti menyebabkan area bimbingan belajar, Anda mampu jadi guru les panggilan. Atau kalau Anda tidak senang jadi panggilan maka Anda mampu melakukannya di rumah Anda.

7. Jasa Bengkel

Mobilitas yang tinggi menjadikan kota Bandung salah satu kota yang penuh dengan kendaraan bermotor dan kemacetan. Belum lagi Bandung memiliki banyak layanan ride-hailing seperti Gojek dan Grab yang melayani perdagangannya.

Jika Anda memiliki keahlian otomotif Anda bisa mencari bengkel yang sesuai dengan keahlian Anda. Bantulah diri Anda sendiri dan tingkatkan komitmen Anda. Jika memungkinkan Anda juga dapat menawarkan layanan perbaikan terorganisir di mana Anda dapat mengunjungi rumah pelanggan untuk memperbaiki kendaraan tanpa harus pergi ke bengkel. Atau jika Anda memiliki keterampilan yang baik Anda juga dapat mengkonfigurasinya.

Sebuah toko kustomisasi mobil yang sedang booming di kota ini. Bengkel lalu lintas dengan banyak kendaraan di bandung merupakan salah satu ide bisnis terbaik di bandung.

Kesimpulan

Peluang Usaha di Bandung ini dapat Anda bandingkan dengan di sekitar rumah anda. Cari yang sesuai tempat, budget, dan kebutuhan sekitar agar bisnis anda dapat berkembang. Jangan mudah menyerah saat awal-awal merintis. Coba bertahan di 1-2 tahun pertama, karena bisnis diuji pada tahun pertama. 

Posting Komentar
Search
Menu
Theme
Share